Sosialisasi Petunjuk Teknis Pengisian Perubahan Elemen Data untuk Pamong, Dukuh, dan Kader GISA Kalurahan Condongcatur dalam Rangka Pemutakhiran Data Adminduk

Depok, Kamis 17 Maret 2022

Kependudukan merupakan hal yang sangat penting bagi kemajuan suatu daerah, bahkan negara, melalui indikator seperti jumlah penduduk, pendidikan, kelahiran, kematian, perkawinan, pekerjaan, dan lain-lain. Di satu sisi, terutama di Kapanewon Depok, laju perubahan data penduduk sangat tinggi, sedangkan syarat perubahan data belum banyak yang memiliki, bahkan sengaja maupun tidak, memang tidak diurus. Dari sinilah pemutakhiran atau validitas data menemui hambatan. Oleh karena itulah Jawatan Umum Kapanewon Depok menyelenggarakan sosialisasi petunjuk teknis pengisian perubahan elemen data.

Bertempat di Gedung Anglocita Tama, Kepala Jawatan Umum, Ibu Ginoviva Rully SS, S.H. mengundang narasumber dari Dinas Dukcapil, yang diwakili oleh Kepala Dinas Dukcapil, Bapak Drs. Susmiarto, MM dan Kabag Pencatatan Sipil Dukcapil, Ibu Dra Mayawati Jati Lestari, MT untuk memberikan sosialisasi terkait petunjuk teknis pengisian perubahan elemen data. Bapak Drs Susmiarto, MM mengatakan bahwa “Ketidaktahuan dan kurangnya kesadaran masyarakat terkait syarat dan prosedur pengisian permohonan perubahan data di dokumen kependudukan dan pencatatan sipil membuat pemutakhiran data kependudukan dan catatan sipil terhambat, apalagi, masyarakat baru merasa penting, hanya ketika menemui masalah-masalah terkait kependudukan dan data catatan sipil tersebut. Misalnya saja, bagaimana membuat akta kelahiran bagi anak hasil perselingkuhan?, Bagaimana membuat akta kelahiran anak yang baru lahir, tapi kondisi orang tua sudah bercerai?, Bagaimana membuat perubahan data dalam KK jika tidak mempunyai dokumen karena dulu belum ada produk dokumen kependudukan yang dimaksud?, dan lain sebagainya”. Hambatan inilah yang inggin ditanggulangi oleh Jawatan Umum Kapanewon Depok.

Dalam acara sosialisasi ini, para Pamong, Dukuh, dan Kader GISA Kalurahan Condongcatur dibimbing secara teknis dalam pengisian perubahan data dengan dokumen pendukung sebagai dasar perubahan data kependudukan sehjngga valid secara hukum dalam KK dan KTP. Selain pengisian manual tersebut, para hadirin juga mendapat sosialisasi petunjuk teknis pengisian perubahan elemen data secara online di website sipakde.slemankab.go.id, baik permohonan KTP, KK, Pindah & Masuk Penduduk, hingga Dispensasi Nikah, serta aduan via website tersebut. Menurut Ibu Ginoviva Rully SS, S.H., “pelayanan online harus dimanfaatkan oleh masyarakat, oleh karena itu lewat kader-kader GISA ini bisa mendorong masyarakat untuk aktif menggunakannya, mengingat saat ini masih di masa pandemi, bahkan PPKM level 4 sehingga menghindari kerumunan”.

Acara berlangsung sangat partisipatif dari dua arah, yang bisa berarti bahwa kesadaran adminduk dapat disebarkan lewat agen-agen pemutakhiran data kependudukan dan catatan sipil ini, yakni Pamong, Dukuh, dan Kader GISA Kalurahan Condongcatur, dan pada akhirnya menyebarkan kesadaran ini kepada masyarakat luas di dasawisma-nya.

About admin 1050 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*