Monitoring Ketersediaan Sembilan Bahan Pokok di Wilayah Kapanewon Depok

Beberapa hari terakhir, publik dibanjiri berita soal mahal dan langkanya sembilan bahan pokok dari media cetak hingga elektronik dan internet. Oleh karena itu, Kapanewon Depok berinisiatif memantau ketersediaan sembilan bahan pokok tersebut, yang tentu saja di dalamnya termasuk minyak goreng, apalagi dalam waktu dekat Bulan Suci Ramadhan akan tiba.

Tim Pemantauan dari Kapanewon Depok ini terdiri dari Panewu Depok, Bapak Wawan Widiantoro, S.IP., MPA, Panewu Anom, Bapak Djoko Muljanto, S.P, Danramil XI Depok, Kepala Jawatan Kemakmuran, Kepala Jawatan Keamanan, Personil Polsek Depok Timur, dan beberapa Staf Kapanewon Depok. Bapak Panewu Depok menjelaskan bahwa, “Kegiatan pemantauan ketersediaan sembilan bahan pokok ini berlangsung dua hari, yakni Tanggal 16 Maret – 17 Maret 2022 dalam rangka memastikan stok sembilan bahan pokok aman untuk saat ini, Bulan Puasa, dan Idul Fitri”. Hari pertama, Rabu 16 Maret 2022 Tim memantau ke Pasar Stan, Pasar Sambilegi Kidul, dan Lotte Grosir, yang kesemuanya berada di Kalurahan Maguwoharjo. Sedangkan Tanggal 17 Maret 2022, Tim memantau ke beberapa titik, Pasar Condongcatur dan Pasar Kolombo yang keduanya berada di Kalurahan Condongcatur. Titik lain, Tim meninjau ketersediaan sembilan bahan pokok di Pasar Nologaten dan Suoerindo yang keduanya berada di Kalurahan Caturtunggal.

Hasil pemantauan oleh Tim di beberapa titik adalah sebagai berikut; Pertama, Pasar Stan, secara umum stok sembilan bahan pokok tersedia dalam jumlah yang cukup, hanya minyak goreng saja yang ketersediaannya terbatas dan harga di beberapa kios sedikit di atas HET yang ditentukan, yakni berkisar antara Rp 15.000,00 – Rp. 18.000,00. Kedua, Pasar Sambilegi Kidul, Tim melaporkan bahwa untuk ketersediaan sembilan bahan pokok aman, namun minyak goreng tidak tersedia di banyak kios. Ketiga, Lotte Grosir, ketersediaan stok sembilan bahan pokok terpantau aman, hanya saja minyak goreng tersedia dalam jumlah yang sangat terbatas.

Memasuki hari kedua, Kamis 17 Maret 2022, Tim melaporkan bahwa di Pasar Condongcatur dan Kolombo yang berada di Kalurahan Condongcatur, ketersediaan bahan pokok masih relatif aman, namun langkanya minyak goreng membuat harganya tidak terkontrol, yakni di atas HET. Begitu pula di Pasar Nologaten dan Superindo yang berada di Kalurahan Caturtunggal, meski ketersediaan sembilan bahan pokok aman, namun minyak goreng ketersediaannya sangat terbatas dan harganya sudah di atas HET.

Setelah pemantauan, Bapak Panewu Depok, Bapak Wawan Widiantoro, S.IP, MPA, akan segera menghubungi teman-teman Disperindag untuk menanggulangi kelangkaan minyak goreng di wilayah Kapanewon Depok pada khususnya, dan Wilayah Kabupaten Sleman pada umumnya. Semoga stok sembilan bahan pokok dan minyak goreng kembali aman dengan harga yang wajar sesuai HET yang ditetapkan Pemerintah.

About admin 1050 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*