Kapanewon Depok Gelar Sosialisasi Pemutakhiran Data bagi Pemilih Pemula dan Penduduk yang Pindah/Datang Menjelang Pemilu 2024

Kapanewon Depok berupaya terus ikut andil dalam mendorong adanya pemutakhiran data kependudukan dan pematangan data pemilih pada Pemilu 2024. Selain mendorong pemutakhiran data melalui berbagai inovasi pelayanan publik, Kapanewon Depok juga aktif mendorong penyampaian informasi pemutakhiran data pemilih, baik melalui kanal media sosial hingga sosialisasi tatap muka dalam rangka mendorong pemilih menggunakan hak pilihnya. Upaya kemudian difokuskan pada persoalan pemutakhiran data pemilih pemula yang kaitannya dengan perekaman KTP, serta persoalan pindah memilih bagi penduduk yang pindah/datang dan pendataan penduduk non permanen.

Sosialisasi bertajuk Pemutakhiran Data bagi Pemilih Pemula dan Penduduk yang Pindah/Datang ini berlangsung pukul 09.00 WIB di Gedung Sasana Anglocitatama Kapanewon Depok. Sosialisasi ini menghadirkan narasumber sebagai keynote speaker, yaitu Kepala Dinas Dukcapil Sleman. Acara dibuka oleh moderator dan sambutan oleh Panewu Depok, Bapak Wawan Widiantoro, SIP, MPA. Dalam sambutannya, Bapak Panewu Depok menyampaikan peran strategis dukuh-dukuh di wilayah Kapanewon Depok dalam mendorong warganya agar terdata dan bersedia menggunakan hak pilihnya, terutama para pemilih pemula yang biasanya butuh edukasi dan kesadaran mengurus dokumen yang diperlukan untuk memilih.

Kepala Dinas Dukcapil Sleman, Bapak Drs. Susmiarto, MM, menyatakan bahwa terdapat perbedaan tata cara memilih antara pemilu tahun 2019 dengan pemilu tahun 2024, yaitu bagi warga yang belum terdaftar sebagai DPT (Daftar Pemilih Tetap), seperti misalnya calon pemilih pemula, padahal telah genap syaratnya, maka dapat menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan datang ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) di tingkat kecamatan/kapanewon atau PPS (Panitian Pemungutan Suara) yang ada di tingkat kalurahan. Selain itu, penduduk yang pindah/datang, juga harus mengaktifkan NIK-nya agar tercantum pada DPT sebelum tanggal 15 Januari 2024.

Ayo gunakan hak pilh kita! Suara kita adalah penentu mau dibawa kemana Republik Indonesia ke depan!

About admin 1114 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*