Studi Tiru Kabupaten Bangka, Kapanewon Depok Berbagi Pengalaman

Depok, Kamis 24 Maret 2022

Kapanewon Depok menerima Kunjungan Studi Tiru Rombongan Pemerintah Kabupaten Bangka dalam Studi Tiru Pengoperasian ADM dan Fungsi Kecamatan dalam Pencapaian Target PBB. Bertempat di Gedung Anglocita Tama Kapanewon Depok, Rombongan yang terdiri dari Asisten Perekonomian & Pembangunan, Kepala Dinas Dukcapil Kab. Bangka, Sekretaris Dinkominfotik Kab. Bangka, Camat Belinyu, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Kabid Pengelolaan Informasi Adm Kependudukan, Kasi Pelayanan Umum Kec. Belinyu, dan Staf pelaksana lainnya.

Panewu Depok, Bapak Wawan Widiantoro, S.IP, MPA, beserta Jajaran, yakni Kepala Jawatan Umum, Ibu Ginoviva Rully SS, S.H., Kepala Umpeg, Bapak Fransiskus Suhyadi, S.H. & Kepala KPE, Bapak Sukadi, SE., menyambut rombongan ini dengan saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman pengalolaan Aanjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Kapanewon Depok. Meskipun tidak dapat melihat proses secara langsung karena mesin ADM sedang offline akibat proses pengaplikasian SIAK terpusat, namun Kapanewon Depok sudah menyedian video teknis pengoperasian dari awal hingga dokumen tercetak via ADM.

Acara studi tiru berjalan partisipatif yang menanyakan detail tentang inovasi di Kapanewon Depok, yakni soal Website Sipakde dan Kado untuk Dilan. Bapak Panewu Depok, Wawan Widiantoro, S.IP, MPA, menjelaskan bahwa, “ADM diadakan di Kapanewon Depok karena tingginya kebutuhan adminduk yg 2021 mencapai 15 ribu lebih permohonan pengurusan dokumen. Selain itu, yg penting juga dicermati adalah Kapanewon Depok juga memiliki 2 inovasi unggulan, yakni, Website Sipakde dan Kado untuk Dilan, sedangkan soal PBB, Penggalakan Pekan PBB di tiap Padukuhan mampu mengedukasi kesadaran masyarakat untuk membayar PBB, hingga di depok ini menjadi penyumbang pajak terbesar di Sleman”. Adapun terkait ADM, Kepala Jawatan Umum, Ibu Ginoviva Rully SS, S.H. menjelaskan bahwa, “Dalam pengoperasian ADM, memang terjadi beberapa kendala, mulai dari tidak diterimanya barcode/PIN login, printer thermal yang tidak terkoneksi jika sudah mencapai suhu tertentu, hingga blangko cetakan tidak keluar”.

Acara berjalan dengan tanya jawab lebih lanjut soal inovasi Sipakde yang mampu melayani perubahan elemen data dan Kado untuk Dilan yang mengedepankan pelayanan keadilan proporsional bagi warga difabel dan lansia. Rombongan kemudian melanjutkan agenda untuk melihat langsung mesin ADM dan ruang pelayanaan Kapanewon Depok. Diskusi berjalan bahkan menjurus ke hal teknis, misalnya proses pengelolaan mesin jika terjadi masalah, sistem penyediaan blangko, hingga hal-hal umum dalam pelayanan, semacam formulir, kearsipan, hingga waktu pengambilan Dokumen. Setelah itu, Acara ditutup dengan foto bersama karena rombongan akan melanjutkan studi tiru ke Dinas Dukcapil Sleman.

About admin 1050 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*